Kimia Farmasi

Bidang Kimia Farmasi dalam program studi Diploma 3 Farmasi biasanya mencakup pemahaman mendalam tentang kimia dan bagaimana itu berhubungan dengan industri farmasi. Program ini dirancang untuk memberikan dasar pengetahuan yang kuat dalam kimia, farmakologi, formulasi obat, dan aspek-aspek lain yang relevan dalam industri farmasi. Berikut adalah beberapa komponen umum yang biasanya termasuk dalam profil bidang Kimia Farmasi dalam program studi Diploma 3 Farmasi:

  1. Kimia Dasar: Mahasiswa akan belajar konsep dasar kimia, termasuk sifat-sifat materi, struktur atom, ikatan kimia, dan reaksi kimia. Ini adalah dasar untuk memahami kimia yang lebih kompleks dalam konteks farmasi.
  2. Kimia Organik: Ini mencakup studi tentang senyawa organik, struktur molekuler, reaksi organik, dan sintesis senyawa organik. Pemahaman tentang kimia organik sangat penting dalam pengembangan dan produksi obat-obatan.
  3. Kimia Analitik: Mahasiswa akan mempelajari metode analisis kimia yang digunakan dalam pengujian kualitas obat-obatan dan bahan farmasi lainnya. Ini mencakup teknik seperti spektroskopi, kromatografi, dan titrasi.
  4. Pengujian Kualitas: Ini mencakup pemahaman tentang pengujian kualitas bahan baku dan produk jadi dalam farmasi untuk memastikan keamanan dan efikasi.