Farmakognosi & Fitokimia

Categories:

Farmakognosi dan Fitokimia adalah bagian dari ilmu farmasi yang berlandaskan pada ilmu mengenai obat dari bahan alam, seringkali disebut sebagai biologi farmasi. Bahan obat yang berasal dari alam khususnya tumbuhan melalui penelitian digali  lebih dalam karena memerlukan evaluasi, standardisasi ataupun pengembangan yang konsekuensinya akan didasari oleh ilmu farmakognosi dan fitokimia.

Dengan pesatnya perkembangan obat herbal di Indonesia yang ditandai dengan semakin besarnya jumlah industri obat tradisional dan produk herbal baik dalam kategori jamu, obat herbal terstandar dan fitofarmaka sangat dibutuhkan penelitian-penelitian yang berkualitas dalam berbagai bidang terkait.

Kebijakan pemerintah tentang saintifikasi jamu mempertegas perlunya pendekatan-pendekatan ilmiah dalam penggunaan obat herbal sehingga dapat digunakan dengan tepat di masyarakat. Di samping produk herbal tersebut, bahan obat yang berasal dari bahan alam juga mengalami peningkatan. Penemuan senyawa baru yang dapat dijadikan senyawa model (lead compound) sangat dimungkinkan dengan berkembangnya teknologi dan peralatan yang mendukung.

Penggunaan bahan alam tidak terbatas untuk pengobatan, tetapi juga dibutuhkan dalam bidang kosmetik, pangan,  suplemen dan lain-lain yang membutuhkan pengembangan setiap saat sehingga penelitian di bidang tersebut perlu medapatkan perhatian.

×

Chat Admin Akfar Bumsil

× Apa yang bisa kami bantu?